MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK
Ø Pengertian
Pair check (pasangan mengecek) adalah model pembelajaran
berkelompok atau berpasangan yang dipopulerkan oleh Spencer Kagen tahun 1993.
Model ini menerapkan pembelajaran berkelompok yang menuntut kemandirian dan
kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan. Banyak kelebihan
maupun kelemahan.
Satu lagi Model Pembelajaran siswa berpasangan, yaitu Pair
Check. Model pembelajaran ini juga untuk melatih rasa sosial siswa, kerja sama
dan kemampuan memberi penilaian.
Sintaks
model pembelajaran Pair Cheks. Sintaknya
adalah sebagai berikut :
1.
Siswa berkelompok
berpasangan sebangku,
2.
salah seorang menyajikan
persoalan dan temannya mengerjakan,
3.
pengecekan kebenaran
jawaban,
4.
bertukar peran,
5.
penyimpulan,
6.
evaluasi
7.
refleksi.
Berikut ini sintak dari model pair check
1)
Guru menjelaskan konsep
2)
Siswa dibagi beberapa tim.
Setiap tim terdiri dari 4 orang. Dalam satu ti ada 2 pasangan. Setiap pasangan
dalam satu tim ada yang menjadi pelatih dan ada yang patner.
3)
Guru membagikan soal
kepada si patner
4)
Patner menjawab soal , dan
si pelatih bertugas mengecek jawabannya. Setiap soal yang benar pelatih memberi
kupon.
5)
Bertukar peran. Si pelatih
menjadi patner dan si patner menjadi pelatih
6)
Guru membagikan soal
kepada si patner
7)
Patner menjawab soal , dan
si pelatih bertugas mengecek jawabannya. Setiap soal yang benar pelatih memberi
kupon.
8)
Setiap pasangan kembali ke
tim awal dan mencocokkan jawaban satu sama lain.
9)
Guru membimbing dan
memberikan arahan atas jawaaban dari berbagai soal dan tim mengecek jawabannya.
10) Tim yang paling banyak mendapat kupon diberi hadiah
Langkah-langkah Pembelajarannya, sebagai berikut :
1. Bekerja Berpasangan
Guru
membentuk tim berpasangan berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan mengerjakan
soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih siswa dalam menilai.
2. Pelatih Mengecek
Apabila patner benar pelatih memberi kupon.
3. Bertukar Peran
Seluruh
patner bertukar peran dan mengulangi langkah 1 – 3.
4. Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.
5. Penegasan Guru
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep.
Demikianlah,
mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga
pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih
bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.
No comments:
Post a Comment