Thursday, June 20, 2019

MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK



MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK

Ø  Pengertian
Pair check (pasangan mengecek) adalah model pembelajaran berkelompok atau berpasangan yang dipopulerkan oleh Spencer Kagen tahun 1993. Model ini menerapkan pembelajaran berkelompok yang menuntut kemandirian dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan. Banyak kelebihan maupun kelemahan.
Satu lagi Model Pembelajaran siswa berpasangan, yaitu Pair Check. Model pembelajaran ini juga untuk melatih rasa sosial siswa, kerja sama dan kemampuan memberi penilaian.
Sintaks model pembelajaran Pair Cheks. Sintaknya adalah sebagai berikut :
1.      Siswa berkelompok berpasangan sebangku,
2.      salah seorang menyajikan persoalan dan temannya mengerjakan,
3.      pengecekan kebenaran jawaban,
4.      bertukar peran,
5.      penyimpulan,
6.      evaluasi
7.      refleksi.
Berikut ini sintak dari model pair check
1)      Guru menjelaskan konsep
2)      Siswa dibagi beberapa tim. Setiap tim terdiri dari 4 orang. Dalam satu ti ada 2 pasangan. Setiap pasangan dalam satu tim ada yang menjadi pelatih dan ada yang patner.
3)      Guru membagikan soal kepada si patner
4)      Patner menjawab soal , dan si pelatih bertugas mengecek jawabannya. Setiap soal yang benar pelatih memberi kupon.
5)      Bertukar peran. Si pelatih menjadi patner dan si patner menjadi pelatih
6)      Guru membagikan soal kepada si patner
7)      Patner menjawab soal , dan si pelatih bertugas mengecek jawabannya. Setiap soal yang benar pelatih memberi kupon.
8)      Setiap pasangan kembali ke tim awal dan mencocokkan jawaban satu sama lain.
9)      Guru membimbing dan memberikan arahan atas jawaaban dari berbagai soal dan tim mengecek jawabannya.
10)  Tim yang paling banyak mendapat kupon diberi hadiah
Langkah-langkah Pembelajarannya, sebagai berikut : 
1.      Bekerja Berpasangan
Guru membentuk tim berpasangan berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih siswa dalam menilai.
2.      Pelatih Mengecek
Apabila patner benar pelatih memberi kupon.
3.      Bertukar Peran
Seluruh patner bertukar peran dan mengulangi langkah 1 – 3.
4.      Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.
5.      Penegasan Guru
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep.
Demikianlah, mudah-mudahan postingan ini dapat menambah khasanah pembelajaran kita sehingga pembelajaran yang dirancang Bapak/Ibu Guru dapat lebih bervariatif, lebih bermakna, menantang sekaligus menyenangkan.

No comments:

Post a Comment